Selasa, 26 Juni 2018

Hipertensi pada ibu hamil adalah tanda penyakit jantung

Hipertensi pada ibu hamil adalah tanda penyakit jantung,- Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil sebaiknya diwaspadai. Sebab peneliti dari Finlandia memaparkan kalau hipertensi tersebut kemungkinan besar adalah faktor risiko dari penyakit jantung beberapa tahun ke depan.

Wanita yang mengalami peningkatan tekanan darah, setidaknya sekali selama hamil, tepatnya berisiko terkena gagal jantung sebesar 1,4 kali lebih besar. Mereka juga dua kali lipat berisiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan dengan ibu hamil dengan tekanan darah normal.

Penelitian sebelumnya menyebutkan kalau kondisi preeclampsia juga berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan ginjal. Preeclampsia adalah kondisi serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar protein pada urine.

Perubahan selama masa kehamilan, termasuk tekanan darah, membuat tubuh menjadi stres dan terkadang membahayakan kondisi jantung.

Penelitian terbaru inipun sebaiknya dijadikan evaluasi bagi para wanita agar memantau kondisi tekanan darahnya selama mengandung.

"Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan di Finlandia. Jadi hasilnya belum tentu bisa mewakili kondisi wanita di negara lain," tulis peneliti dalam jurnal Circulation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar